0760 - 20563
datamantaluk@yahoo.com
Jalan Raja Ali Haji Nomor 01 Beringin Taluk 29562
blog-img
24/09/2021

BIOGRAFI BUYA MARIFAT MARDJANI

Tim Perpustakaan Buya Marifat Mardjani | Pendidikan

Buya Ma'rifat Mardjani merupakan salah seorang tokoh pendiri Provinsi Riau. Beliau lahir di Desa Mudik Ulo, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada tanggal 18 Agustus 1917 lalu wafat di Pekanbaru pada tanggal 29 Mei 1989 dalam usia 72 tahun.

Buya Ma'rifat Mardjani menikah dengan perempuan bernama Umi Dra. Hj. Patimah Hadi, lalu Pasangan Buya Ma'rifat Mardjani dan umi Dra. Hj. Patimah Hadi ini memiliki sepuluh orang anak yaitu sbb:

  1. Dra. Hafny Ma'rifat
  2. Suzanna Hadi Ma'rifat
  3. Nelly Nailatie Ma'rifat
  4. Muhammad Hasby Ma'rifat
  5. Nirwan Ma'rifat
  6. Achmad Zahedi Ma'rifat
  7. Nizma Hanum Ma'rifat
  8. Nurul Uyuni Ma'rifat
  9. Devi Panzid
  10. Nariman Hadi Ma'rifat

Setelah wafat beliau dimakamkan di Kota Pekanbaru, namun saat ini makam beliau telah dipindahkan ke komplek Pondok Pesantren Darunnajah Desa Sei. Alah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Riau Pos, Jawa Pos).

Buya Ma'rifat Mardjani dikenal sebagai salah satu tokoh yang memperjuangankan berdirinya sebuah Provinsi baru terpisah dari Sumatra bagian tengah (SUBATENG) (Riau antara).

Buya Ma'rifat Mardjani juga merupakan mantan anggota Parlemen RI 1955 yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Beliau adalah sosok yang dikenal santun, rendah hati dan gigih dalam perjuangan (Riau 1 com).

Sebagai apresiasi pemuda Riau dan masyarakat pada Alm. Buya Ma'rifat Mardjani diwujudkan dalam bentuk:

  1. Balai pertemuan masyarakat dikota Palembang yang diberi nama Balai Buya Ma'rifat Mardjani(2002);
  2. Jembatan yang menghubungkan desa Lubuk Ambacang dan desa Mudik Ulo yang selama ini dibatasi sungai kuantan, dibuatkan jembatan yang diberi nama jembatan Buya Marifat Mardjani (2004);
  3. Melalui SK Gubernur Riau, Buya Ma'rifat Mardjani dikukuhkan sebagai Pahlawan daerah Riau (2015);
  4. Prasasti yang terletak di depan Mal SKA Pekanbaru, menyebutkan buya Ma'rifat Mardjani sebagai Local Herd (Agustus 2017 www Riau);
  5. Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuantan Singingi yang diberi nama “Perpustakaan Buya Ma'rifat Mardjani MAN 1 Kuantan Singingi” (Desember 2019).

Ilustrasi: https://riaupos.jawapos.com/

Bagikan Ke:

Populer






chart_icon

76 GTK

chart_icon

0 Siswa

chart_icon

16 Download

chart_icon

3 Agenda